http://gunadarma.ac.id

Rabu, 04 April 2012

"Pancasila Di Mata Warga Masyarakat" (Manusia dan Pandangan Hidup)


ARTI PANDANGAN HIDUP

Setiap manusia mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup bersifat kodrati.karena itu ia menentukan masa depan seseorang,untuk itu perlu dijelaskan pula apa arti pandangan hidup. Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasilpeikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat
hidupnya.
Pandangan hidup banyak sekali macamnya dan ragamnya. Akan tetapi pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam:
Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.
Pandangan hidup yang berupa ideology yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang
   terdapat pada Negara tersebut
 Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relative kebenarannya.
Apabila pandangan hidup itu diterima oleh sekelompok orang sebagai pendukung suatu organisasi, maka pandangan hidup itu disebut ideologi.jika organisasi itu organisasi politik,
ideologinya disebut ideologi politik.
Pandangan hidup pada dasarnya mempunyai unsurunsur yaitu cita-cita, kebajikan, usaha, keyakinan. Cita-cita adalah apa yang diinginkan yang mungkin dapat dicapai dengan usaha atau perjuangan. Tujuan yang hendak dicapai ialah kebajikan, yaitu segala hal yang baik. Yang membuat manusia makmur, bahagia, damai, tentram. Usaha atau perjuangan adalah kerja keras yang dilandasi keyakinan/kepercayaan. 
Pandangan Hidup dari pancasila
           
Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia merupakan pedoman hidup bagi rakyat Indonesia dari tayangan video pancasila dimata warga masyarakat tersebut kita sudah melihat betapa kurangnya pengetahuan warga masyarakat tentang pancasila. Seharusnya kita sebagai warga masyarakat yang baik setidaknya harus mengetahui apa makna dan isi dari pancasila tersebut. Jika kita semua yang berperan sebagai warga Negara Indonesia sudah mengetahui apa makna dan isi dari pancasila tersebut kita bisa menjadikan pancasila yang merupakan dasar dari Negara bisa kita jadikan pandangan hidup yang bersosialisasi, rukun antar agama, dan membenahi kehidupan yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Tetapi apa yang telah kita lihat dari pertanyaan-pertanyaan yang mendasar dari pancasila sebagian warga Indonesia masih belum mengetahui apa itu pancasila. Dari pertanyaan apa yang diketahui tentang pancasila. Tanggal berapa pancasila dilahirkan, tahukah sila pancasila tersebut apa saja. Dari pertanyaan-pertanyaan yang mendasar dari pancasila itu saja masih banyak yang tidak tahu. Memang sungguh memperhatinkan. Maka dari itulah kita sebagai generasi muda harus mengamalkan pancasila dan menjadikan pancasila itu sebagai pedoman dan pangdangan hidup sebagai warga Indonesia yang baik, rukun, dan sejahtera.

Referensi
- dan video yang berjudul “pancasila dimata warga masyarakat” dari situs http://cai.elearning.gunadarma.ac.id

 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © ita G4ever