A. ABSTRAKSI
1.
DEFINISI ABSTRAKSI
Abstrak adalah suatu bentuk informasi
yang disajikan dalam laporan atau karya ilmiah seperti skripsi, tesis, dan
disertai tulisan secara teknis dengan tujuan agar pembaca segera mengetahui isi
yang ditulis secara singkat. Dengan kata lain, abstrak adalah pernyataan
singkat tetapi akurat dari sisi dokumen tanpa menambah tafsiran atau kritik dan
tanpa membedakan abstak tersebut dibuat ( American
National Institute’s, 1079).
2.
CARA MEMBUAT ABSTRAKSI
A. Beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalam
membuat abstrak. yaitu:
1.
Abstrak harus dapat menjadi penghubung
antara pemikiran pembaca dengan penulis tentang lingkup materi yang diungkapkan
di dalam suatu karangan ilmiah;
2.
Abstrak harus dapat mengungkapkan
keseluruhan isi materi yang diuraikan secara lengkap di dalam suatu karangan
ilmiah;
3.
Abstrak harus dapat menuntun pembaca
(mengondisikan pembaca) terhadap uraian materi secara lengkap;
4.
Abstrak merupakan ide pokok suatu
uraian sehingga abstrak harus dapat membuat pembaca tertarik dan tendorong rasa
ingin tahunya untuk membaca uraian materi yang lebih lengkap dari suatu laporan penelitian/artikel
ilmiah.
B. Bentuk abstrak
Setiap abstrak mempunyai bentuk yang
serupa:
1.
Judul: Apa?
2.
Latar belakang: Mengapa?
3.
Gambaran: Kapan? Di mana? Bagaimana?
Berapa?
4.
Kesimpulan: Solusi/Pelajaran
Perhatikan bahwa
abstrak yang baik mengikuti asas jurnalistik, dengan mengandung “5 W, 1 H”:
·
Who = Siapa?
·
What = Apa?
·
Why = Mengapa?
·
When = Kapan?
·
Where = Di Mana?
·
How = Bagaimana?
…ditambah “1 H” lagi:
• How many = Berapa?
Jenis Abstrak yang baik Fisik:
·
Singkat
·
Indah
Isi:
·
Clear (Jelas)
·
Complete (Lengkap)
·
Concise (Singkat)
·
Cohesive (Logis/Saling sesuai)
C.
Unsur abstrak
Setiap konferensi mempunyai bentuk
berbeda. Perhatikan bahwa abstrak untuk konferensi yang kita ingin ikuti
mungkin berbeda dengan pedoman ini. Namun selalu penting kita tidak sekadar
melaporkan kesuksesan; pembaca/peserta belajar lebih banyak dari kegagalan atau
ketidakberhasilan, agar tidak melakukan kesalahan dalam proyek serupa. Untuk
ICAAP ke-9, bentuk berikut ditentukan oleh panitia untuk abstrak umum (kecuali
yang membahas penelitian ilmiah):
-
Masalah (Issues): Pernyataan singkat
yang merangkum masalah yang dihadapi oleh abstrak.
-
Proyek (Project): Gambaran singkat
mengenai proyek, pengalaman, layanan, penelitian dan/atau advokasi
-
Hasil (Results): Gambaran
singkat mengenai hasil proyek.
Pelajaran yang Diambil (Lessons
Learned): (tidak lebih dari 5 baris teks) ringkasan mengenai pelajaran
yang diambil dan implikasinya. Biasanya ada batas jumlah kata yang dapat dipakai, sering 200
atau 250; memang pada ICAAP ke-9 batasnya adalah 200 kata, tidak termasuk judul
dan subjudul. Keterbatasan tersebut berarti kita harus singkat. Namun kita
harus menghindari singkatan atau akronim yang tidak baku. Bila dipakai,
jelaskan artinya pada waktu pertama kali dipakai. Hindari kalimat yang panjang.
Pastikan setiap bagian seimbang, dan saling sesuai dengan hubungan yang logis.
3. CONTOH
ABSTRAKSI
ABSTRAK
Evalia
Ratmini.22229999
AUTOMATIC
ROOF
Makalah Mikroprosesor. Sarjana
Magister. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas
Gunadarma, 2009
Kata Kunci : Penggerak Otomatis,
Sensor Cahaya, Sensor Air, Pembanding tegangan.
(xii+ 43 + lampiran)
Seperti diketahui, pada dasarnya
cahaya matahari sangat bermanfaat untuk kesehatan, namun sering kali kegiatan
membuka atau menutup atap rumah malas dilakukan, bahkan menjadi hal yang tidak
perlu dilakukan. Tentu saja hal ini dapat memberikan dampak negatif, mengingat
manfaat cahaya matahari dalam kelangsungan hidup di dunia adalah sangat tinggi.
Tujuan penelitian ini adalah merancang pembuatan alat penggerak atap rumah
otomatis yang dipengaruhi oleh cahaya matahari. Metode penelitian yang
digunakan adalah dengan melakukan studi pustaka, dan perancangan alat yang
dilanjutkan dengan pengujian alat. Berdasarkan pada hasil pengujian yang telah
dilakukan, dapat disimpulkan bahwa alat yang dirancang berhasil berhasil
membuka dan menutup atap rumah secara otomatis.
Daftar Pustaka (2001-2012)\
B. DAFTAR PUSTAKA
1.
PENGERTIAN DAFTAR PUSTAKA
Daftar Pustaka yaitu suatu daftar yang berisi
semua sumber bacaan yang digunakan sebagai bahan acuan dalam penulisan karya
ilmiah seperti Makalah, Skripsi, Tugas Akhir, Laporan, Thesis,dan penelitian.
Pemilihan daftar pustaka ini harus benar-benar sesuai dengan pokok permasalahan
yang dibahas dalam makalah. Mahasiswa, Dosen, Siswa tidak boleh mencantumkan
nama/judul buku, artikel/jurnal serta dokumen lainnya baik cetak maupun
internet yang tidak terdapat dalam daftar pustaka ini.
Mengingat arti Penting dari bagian karya ilmiah yang satu ini, maka mahasiswa, dosen,siswa maupun masyarakat umum lainnya perlu mengetahui Cara dan Teknik Penulisan Daftar Pustaka yang baik dan benar.
Mengingat arti Penting dari bagian karya ilmiah yang satu ini, maka mahasiswa, dosen,siswa maupun masyarakat umum lainnya perlu mengetahui Cara dan Teknik Penulisan Daftar Pustaka yang baik dan benar.
Ada beberapa komponen dalam Teknik Penulisan
Daftar Pustaka yaitu :
§
Nama penulis dan nama
keluarga (jika ada)
§
Ditempatkannya didepan
nama kecil
§
Tahun Penerbitan
§
Judul Buku
§
Tempat Penerbitan
§
Nama Penerbit
2.
CARA MEMBUAT DAFTAR PUSTAKA
Adapun beberapa ketentuan serta aturan cara Penulisan Daftar
Pustaka yang baik dan benar yaitu :
1.
Bagi penulis yang menggunakan marga/keluarga , nama
marga/keluarganya ditulis terlebih dahulu, sedangkan untuk penulis yang tidak
menggunakan nama marga / keluarga , diawali dengan penulisan nama akhir /
belakang kecuali nama Cina.
2.
Gelar kesarjanaan penulis tidak perlu dicantumkan dalam daftar
pustaka.
3.
Judul buku dicetak miring atau digarisbawahi pada setiap kata,
jadi tidak dibuat garis bawah yang bersambung sepanjang judul.
4.
Baris pertama diketik mulai ketukan pertama sedangkan baris
kedua dan seterusnya diketik mulai ketukan ke-7.
5.
Jarak antara baris satu dengan baris berikutnya satu spasi.
6.
Jarak antara sumber satu dengan sumber berikutnya dua spasi
Sedangkan untuk Cara Penulisan Daftar Pustaka dan teknik Penulisan Daftar Pustaka dibedakan berdasarkan sumbernya yaitu sumber dari Jurnal , buku, Internet, Peraturan Pemerintah , Perundang-undangan, Makalah, Karya Tulis serta Surat Kabar / Koran.
3.
CONTOH
DAFTAR PUSTAKA
Berikut
ini merupakan Beberapa Contoh Penulisan yang baik dan benar dari berbagai
sumber :
-
Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari
Internet :
§ Hatta M.2004. Yang
Terlarang dalam Berkarier.
http://www.sdmlink.com/page/artikel/?act/detil/aid/42
-
Contoh Daftar Pustaka dari Buku :
§ Buku ditulis satu Orang
Christensen R.2006.
Roadmap to Strategic HR - Turning A Great Idea into A Business Reality. New
York : Amacom
§ Buku ditulis dua Orang
Newman WH and E. Kirby
Warren.1977. The Process of Management, Concept, Behaviour and Practice. New
Delhi : Prentice Hall of India Private Ltd.
§ Buku ditulis lebih dari
dua orang
Ghiselli E. et al 1981.
Measurement Theory for The Behavioral Sciences. San Francisco : WH. Freeman and
Company
Referensi :
0 komentar:
Posting Komentar