http://gunadarma.ac.id

Minggu, 05 Mei 2013

Pembuatan Pelayanan Sistem informasi SMS gateway KRL (kereta api listrik) Commuter Jurusan Jakarta - Bogor

Nama : Ita Ramawati                  Tugas Interaksi Manusia dan Komputer
NPM  : 23111749
 Kelas : 2KB04


A.   JUDUL PROGRAM
            Pembuatan  Pelayanan Sistem informasi SMS gateway KRL (kereta api listrik)  Commuter Jurusan Jakarta - Bogor

B. LATAR BELAKANG MASALAH
KRL Commuter merupakan salah satu sarana transportasi publik yang sering digunakan oleh para karyawan, pedagang ataupun kalangan mahasiswa dan pelajar. Selain dapat menampung banyak penumpang dan harganya relatif terjangkau, kereta api juga mempunyai kelebihan diantara transportasi darat lainnya yaitu dalam segi hal kecepatan sehingga masyarakat menggunakan kereta api sebagai alternatif kendaraan mereka untuk melakukan perjalanan.
Namun sangat disayangkan transportasi yang paling sering digunakan masyarakat ini mempunyai kelemahan yang sangat buruk yaitu seringkali mengalami keterlambatan dan perbaikan rangkaian KRL yang mogok. Sehingga banyak dari para pengguna transportasi ini terkena imbasnya pula. Terlebih lagi pada zaman yang serba canggih ini penulis akan membuat sebuah system yang memudahkan pengguna transportasi agar lebih nyaman menggunakan KRL commuter mulai dari informasi dimana kereta berada sekarang, jam berapa akan sampai tujuan, cuaca, jadwal dan rute kereta. Penulis juga akan menawarkan system untuk para masinis yang mengoperasikan KRL tersebut mulai dari informasi, termasuk kereta lain, jadwal operasi KRL, rute yang akan dilalui KRL, lingkungan sekitar rute yang dilewati, apa yang terjadi di sekitar dan di dalam kereta sepanjang waktu, penumpang mulai pagi hingga malam.
           
C.   PERUMUSAN MASALAH
            Masalah utama dalam proposal ini adalah bagaimana membuat suatu metode pelayanan berbasis sms gateway yang bisa memberikan kemudahan bagi para pengguna kereta api dalam mendapatkan informasi berupa jadwal keberangkatan dari tiap stasiun dan informasi layanan lain  yang bisa di akses langsung dari Hand Phone ( HP ) mereka sendiri. Aplikasi ini menggunakan pemrograman java sebagai penunjang pembuatan program. Begitu juga dengan masinis yang mengoperasikan KRL commuter, penulis akan merancang sistem khusus yang gunanya untuk mengetahui informasi, termasuk kereta lain, jadwal operasi KRL, rute yang akan dilalui KRL, lingkungan sekitar rute yang dilewati, apa yang terjadi di sekitar dan di dalam kereta sepanjang waktu, penumpang mulai pagi hingga malam.

D. TUJUAN PROGRAM
            Penciptaan sistem  ini bertujuan untuk :
1.       Menyediakan suatu media untuk pelayanan publik
2.       Memudahkan pengguna KRL Commuter dalam mendapatkan informasi
3.       Menampung saran dan kesan masyarakat terhadap kinerja PT.KAI

E. LUARAN YANG DIHARAPKAN
            Pada pembuatan aplikasi ini, kami mengharapkan akan terciptanya suatu media yang bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses informasi sehingga akan lebih banyak lagi masyarakat yang menggunakan alat transportasi ini. Selain itu juga bisa menjadi ajang evaluasi bagi PT.KAI dalam menerima pesan atau kritikan dari masyarakat.

F. KEGUNAAN PROGRAM
            Kegunaan dari perancangan program aplikasi kami adalah pelayanan terhadap publik terhadap informasi yang mereka butuhkan mengenai KRL Commuter.

G. TINJAUAN PUSTAKA
            KRL Commuter adalah sarana transportasi berupa kendaraan  dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di rel. KRL Commuter merupakan alat transportasi massal yang umumnya terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong (dirangkaikan dengan kendaraan lainnya). Rangkaian kereta atau gerbong tersebut berukuran relatif luas sehingga mampu memuat penumpang maupun barang dalam skala besar. Karena sifatnya sebagai angkutan massal efektif, beberapa negara berusaha memanfaatkannya secara maksimal sebagai alat transportasi utama angkutan darat baik di dalam kota, antarkota, maupun antarnegara.
Dalam pembuatan aplikasi ini kami menggunakan java sebagai pemrograman berbasis sms. Java merupakan bahasa berorientasi objek yang dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi mandiri, aplikasi berbasis internet maupun intranet, serta aplikasi untuk perangkat-perangkat cerdas yang dapat berkomunikasi lewat internet / jaringan komunikasi. Dengan teknologi java, java menjadi bahasa pemograman yang fleksibel karena java dapat berjalan disemua platform, sesuai motonya”Write One Run Anywhere”. Java memungkinkan pengguna untuk dapat membuat sendiri SMS Servis yang mempunyai fungsi dasar melakukan pengiriman dan penerimaan pesan yang  berupa informasi.

H. METODE PELAKSANAAN PROGRAM
            Dalam perarancangan program aplikasi ini, kami menggunakan empat metode dalam pelaksananya. Empat metode tersebut adalah sebagai berikut :

1.       Metode Study Literatur
Pada metode ini akan melakukan analisis masalah yang bertujuan sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan kuisioner yang nantinya akan dibagikan kepada responden. Selain itu dilakukan pula pengambilan dan pengumpulan data melalui media Internet.

2.       Metode Observasi
Pada metode ini akan melakukan pengambilan dan pengumpulan data berdasarkan kuisioner yang telah dibuat sebelumnya. Selain ini dilakukan juga proses wawancara terhadap narasumber. Tahap pengambilan dan pengumpulan data ini dilaksanakan di stasiun Kota, Gambir, Manggarai, dan Bogor.




3.       Metode Studi Pustaka
Metode ini digunakan untuk mengumpulkan data-data yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi dengan membaca beberapa buku. Hal tersebut digunakan sebagai bahan reverensi dalam penyusunan perancangan program aplikasi ini.


4.      Metode Pengembangan
            Planning (Perencanaan)
            Tahap pembuatan Aplikasi dimulai dengan tahap perencanaan. Pada tahap ini bermaksud untuk menentukan tujuan dari perencanaan yang akan dibuat. Pada tahap ini juga dilakukan analisa dan pengumpulan data yang diperlukan oleh aplikasi , kemudian menempatkan ke dalam aplikasi yang akan dikembangkan.
Design (Desain)
            Dari informasi dan data yang dikumpulkan pada tahap perencaan maka dapat dilakukan pendesainan terhadap tampilan depan halaman aplikasi. Desain diperlukan dalam masalah keindahan aplikasi, dapat berupa kombinasi warna, tata letak, dan jenis huruf. Keputusan tentang bagaimana aplikasi harus berinteraksi dengan pengguna dan bagaimana informasi dikategorikan sehingga pengguna dapat mengakses informasi yang dikehendaki, ditentukan dalam tahap ini.
Scripting (Pemrograman)
             Tahap ini merealisasikan ide-ide dari tahap-tahap sebelumnya ke dalam aplikasi yang dibuat. Dari gambaran yang diperoleh dari tahap desain, selanjutnya melakukan scripting dari hasil desain tersebut ke dalam bahasa aplikasi, sehingga dapat diluncurkan.
Testing (Uji Coba)
             Pengujian dilakukan untuk meyakinkan jika semua halaman aplikasi telah terhubung dengan benar dan semua link eksternal aplikasi terjaga. Pada tahap ini menguji fungsionalitas  dan validasi penginputan data oleh pengguna.


Promotion (Promosi)
            Promosi merupakan tahap yang sangat penting untuk membuat aplikasi yang telah dibuat dikenal, baik melalui media offline maupun online. Mempromosikan aplikasi yang telah dibuat dapat melalui semua media bisnis yang ada, seperti kartu nama, brosur, kop surat dan lain-lain.
Maintenance (Pemeliharaan)
            Pemeliharaan digunakan untuk menjaga aplikasi tetap berjalan dengan baik, hal ini perlu dilakukan secara konstan untuk meninjau dan memperbaiki aplikasi. Pada tahap ini juga meliputi pengubahan struktur aplikasi yang ada atau menambah fitur-fitur baru sesuai dengan perkembangan teknologi untuk menambah kemudahan pengguna.

Gambar contoh aplikasi Sistem informasi SMS gateway KRL (kereta api listrik)  Commuter :

Untuk pengguna transportasi KRL :
               


Untuk masinis :
                  



I. JADWAL KEGIATAN PROGRAM
A. Waktu dan tempat pelaksanaan
      Pelaksaan kegiatan ini kurang lebih membutuhkan waktu 14 minggu. Tempat pelaksanaanya di stasiun kereta api Gambir, Manggarai dan Pondok Cina.

B. Tahap Pelaksanaan
No.
Keterangan
Bulan
Bulan Ke – 1
Bulan Ke - 2
Bulan Ke - 3
Bulan Ke – 4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
1.
Persiapan

- Studi Literatur















- Observasi

   - Penyebaran Kuisioner















   - Wawancara















   - Pengambilan Gambar














2.
Perancangan Aplikasi

- Perancangan program dan desain















- Pembuatan program














3.
Implementasi Aplikasi

- Pengujian program dan penyempurnaan















- Training aplikasi














4.
Evaluasi

- Pembuatan laporan


















J. BIAYA

1. Estimasi Biaya Hardware
Server (1 buah) dengan spesifikasi:
* Processor Pentium IV 3 GHz                                                            Rp     400.000,-
* Memory SDRAM 1 GB                                                                   Rp.    200.000,-          
* Monitor LCD 17”                                                                             Rp.    600.000,-
* Hardisk 320 GB                                                                               Rp.    200.000,-
* External Modem US Robotics 12 MBps                                           Rp.    250.000,-
* Perlengkapan Standard (Keyboard, Mouse, VGA Card,
CD Rom, Exhaust Fan,Motherboard)                                                   Rp.    500.000,-
                     -------------------- +
Total Hardware                                                                                   Rp. 2.150.000,-

2.. Estimasi Biaya Software
a. DBMS:
    PostgreSQL                                                                                  Freeware
b. Front-End:
    Web browser seperti Netscape, IE, Opera, Links                           Freeware
c. Graphic Design:
    Photoshop CS 7                                                                            Freeware
d. Operating System:
    Windows 7  Ultimate                                                             Rp.     600.000,-
e. Programming Language : Java                                                        Freeware
 ---------------------+
Total Software                                                                            Rp.    600.000,-


4.       Supplies
1. Kertas A4 ( 2 RIM x Rp. 30.000 )                                      Rp      60.000,-
2. Compact Disk                                                                     Rp      20.000, -
3. Tinta Printer HP color Laserjet CP 1215                              Rp    350.000,-
-----------------------+
Total Supplies                                                                          Rp   430.000,-

5. User Training
Pelatihan penggunaan aplikasi selama 1 hari:
5 orang trainer x @ Rp 500.000,00                                        Rp  2.500.000,-

6. Konsumsi
1. Makan siang training ( 5 x @ Rp. 35.000 )                            Rp.    175.000,-
2. Makan siang peserta Training ( 100 x @ 25.000 )                 Rp. 2.500.000,-
3. Snack ( 100 x @ 7000 )                                                       Rp.    700.000,-
4. Aqua Dus ( 10 dus x @ 20.000 )                                          Rp.    200.000,-
                                                                                                ---------------------+
Total biaya Konsumsi                                                                 Rp. 3.575.000,-

7. Biaya Penunjang
1. Transportasi                                                                         Rp.   700.000,-
2. Komunikasi                                                                         Rp.   500.000,-
3. Souvenir                                                                              Rp.   500.000,-                       
                                                                                                --------------------- +
Total Biaya penunjang                                                              Rp. 1.700.000,-


8.  Estimasi Biaya Keseluruhan
·         Hardware                                                                 Rp.       2.150.000,-  
·         Software                                                                  Rp.          600.000,-
·         Supplies                                                                   Rp.          430.000,-
·         User  Training                                                           Rp.        2.500.000,-
·         Konsumsi                                                                 Rp.        3.575.000,-
·         Penunjang                                                                 Rp.        1.700.000,-
----------------------------- +
            Total                                                                             Rp.      10.955.000,-




referensi :
koernia05.files.wordpress.com/2008/10/proposal.doc

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © ita G4ever